hai

selamat datang di blogku, mohon dibaca dan kasih komentar dan saran yang positip. Mudahan ini bermanfaat bagi teman2 semua.

Jumat, 17 Juni 2011

Kenapa strategy penting???

Mengutip kata menarik dari Joel Ross dan Michael Kami yang menyatakan bahwa sebuah organisasi tanpa strategi ibarat kapal tanpa kemudi.
Strategi selalu menyimpan tiga pertanyaan besar yang membutuhkan jawaban segera yaitu Situasi perusahaan sekarang, Kemana perusahaan akan bergerak dan Bagaimana caranya mencapai kesana.

Apa artinya Strategi? Strategi mempunyai banyak arti dan salah satu artinya strategi terdiri dari pergerakan kompetitif (competitive moves ) dan pendekatan bisnis yang dipergunakan oleh manager untuk menjalankan perusahaan.

Johnson dan Scholes mendefinisikan strategi sebagai berikut:
Strategi adalah arah dan ruang lingkup organisasi dalam jangka panjang untuk mencapai keungulan (advantage)  bagi organisasi melalui konfigurasi sumber daya (resources) dalam lingkungan yang menantang (a challenging environment)  untuk memenuhi kebutuhan dari markets dan memenuhi harapan stakeholder  yang terdiri dari pemegang saham, pemerintah, karyawan, pemasok. yang terdiri dari pemegang saham, pemerintah, karyawan, pemasok.

Manajemen  harus membuat Action Plan  untuk membesarkan bisnis, menarik dan menyenangkan pelanggan-pelanggan, berkompetisi secara sukses, menjalankan operasi dan terakhir mencapai target perusahaan secara finansial. Tapi bagaimana caranya untuk melaksanakan itu semua? Ini sangat gampang untuk ditulis tapi sungguh sulit untuk diprakteknya karena banyak sekali orang yang terlibat dalam seluruh kegiatan tsb.
Strategi memilih bagaimana cara untuk melakukan hal itu berdasarkan
·         Trial & Error untuk yang boleh atau tidak boleh dilakukan.
·          Risiko manajemen untuk melaksankannya.
·         Analisis manajemen dan pemikiran strategis tentang cara terbaik untuk memproses dengan kondisi pasar tertentu dan keadaan perusahaan.
Manejemen strategis terdiri dari analisis, pilihan dan  aksi dari kegiatan perusahaan untuk meningkatakan dan mempertahankan Competitive Advantages.

Bagaimana menciptakan Competitive Advantages untuk berkompetisi dan mempertahankannya. Apakah dengan produk atau jasa yang memberikan keunikan atau harga yang murah? Berbeda dari pesaing sehingga pesaing susah  untuk mengcopynya.


Competitive Advantages sebagai kunci untuk memenangkan dan mempertahankan pelanggan di seluruh area bahkan kalau bisa seluruh dunia serperti Sony menciptakan Consumer Electronics : TV, Audio, Game bahkan merambat ke handphone dan kamera. Competitive Advantages memahami kebutuhan – kebutuhan  (needs) dari pelanggan dan merupakan proses pembelian yang lebih baik dari pelanggan dan memberikan value  yang lebih besar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar